Dalam dunia usaha tujuan atau target utama yang paling penting adalah keberhasilan mendapatkan profit dari kegiatan usaha yang dilakukan. Keberhasilan mendapatkan keuntungan atau profit ini akan terlihat dari cara pengelolaan keuangan (seperti pengaturan pengeluaran dan pemasukan) usaha yang dijalankan dengan baik dan benar. Hal paling dasar dalam kegiatan usaha memanglah tentang akuntansi yaitu mengatur pemasukan yang diterima, melakukan alokasi terhadap kebutuhan, serta pencatatan pengeluaran.

Menjalankan UKM dan UMKM

Saat ini marak jalannya bisnis atau usaha skala kecil yang dilakukan sebagian besar masyarakat Indonesia, baik sebagai penunjang pendapatan utama maupun sebagai pendapatan sampingan. Hal ini sebenarnya cukup positif karena keberadaan UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) maupun UKM (Usaha Kecil Menengah) memberikan perbaikan bagi perekonomian Indonesia yaitu dari pendapatan nasional yang didapatkan dari pajak UMKM dan UKM yang diberlakukan pada badan usaha tersebut.

Tidak ada salahnya untuk beralih ke usaha skala kecil menengah untuk memulai mengembangkan inovasi di bidang usaha untuk mengembangkan inovasi kreativitas serta bakat dalam diri. Dengan cara yang positif dalam menjalankan usaha dan dengan strategi pengelolaan usaha yang baik tentunya akan berdampak baik pula pada profit atau penghasilan yang didapatkan.

Pengelolaan Keuangan Usaha

Tapi perlu diperhatikan juga dalam mengelola penghasilan atau omzet yang didapatkan pengusaha juga harus mampu seberapa besar laba atau rugi yang didapatkan. Hal ini yang akan diterima oleh pelaku usaha yang kemudian harus disiasati atau dikoreksi untuk mengambil langkah selanjutnya. Sedangkan laba dan rugi dapat dipantau dari hasil laporan keuangan yang dibuat pelaku usaha terhadap arus keluar masuk uang kegiatan usaha.

Melakukan finansial planning akan lebih membantu untuk memantau kegiatan keuangan dari sebuah usaha. Hal seperti pengelolaan keuangan sekarang bisa diatasi dengan lebih mudah yaitu dengan menggunakan aplikasi keuangan. Sistem aplikasi tersebut sudah terintegrasi dengan sistem standar akuntansi ukm yang mendasar. Atau anda juga bisa mengatur pembukuan, laporan, dengan akuntansi yang baik dengan memanfaatkan aplikasi akuntansi dan software pembukuan.

Bahkan saat ini aplikasi dan software tersebut sudah bisa terintegrasi dengan aplikasi pajak. Sehingga badan usaha yang menjadi Wajib Pajak (WP) bisa melakukan pelaporan SPT, penghitungan pajak, dan pembayaran bisa dijalankan sesuai aturan sehingga badan usaha jadi disiplin dan aman dalam menjalankan usahanya. Jadi bagi pengusaha yang baru merintis kegiatan usahanya bisa menjalankan usahanya tanpa rasa khawatir terhadap perhitungan yang sesuai dengan dasar akuntansi ukm.

Aplikasi atau software ini bisa dimanfaatkan oleh pengusaha-pengusaha yang kekurangan sumber daya manusia yang paham mengenai akuntansi. Dengan menggunakan aplikasi akuntansi tersebut kegiatan pengelolaan keuangan semakin mudah dan praktis dilakukan. Pelaku usaha juga bisa memantau bagaimana perkembangan mengenai modal yang mereka tanamkan dalam kegiatan usahanya.

Minat Masyarakat Terhadap UKM dan UMKM
Tag pada:    

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *