Gaya hidup sekarang ini seperti sudah semakin bervariasi. Berkat adanya trend sosial media, mulailah muncul trendsetter-trendsetter lifestyle yang menjadi sorotan masyarakat, mulai dari hal berpakaian, gaya hidup sehat, makanan sehat, dan masih banyak lagi yang lainnya. Tentu saja hal tersebut mempengaruhi kebiasaan sebagian besar orang untuk mengikuti gaya hidup trensetter tersebut.

Sebenarnya tidak terkecuali kebiasaan memakai produk lokal. Barang-barang buatan Indonesia saat ini menjadi sorotan publik karena kualitas barangnya pun tidak kalah bagusnya dengan merek-merek ternama yang lain. Tidak jarang para artis tanah air bangga menggunakan merek lokal, sehingga masyarakat pun juga ikut terpengaruh ingin memakainya.

Namun, masih ada sebagian orang yang merasa gengsi untuk menggunakan produk lokal. Apa alasannya? Berikut ini beberapa alasan yang biasanya ditemui.

1.Menganggap produk luar negeri atau brand ternama lebih unggul

Orang-orang yang gengsi memakai produk lokal biasanya sudah terpengaruh dengan stereotip kalau barang-barang luar negeri lebih baik dan terpercaya dibandingkan barang buatan sendiri. Apapun barangnya, kalau orang-orang sudah berpikiran seperti itu, tentu mereka tidak ingin menggunakannya.

Pola pikir tersebut tentu masih banyak yang melakukannya dan menjadi kebiasaan yang sama sekali sulit diubah. Padahal, produk-produk Indonesia sudah semakin bagus, bahkan orang luar negeri saja sudah bangga menggunakannya. Tapi sayangnya, hal tersebut tidak bisa mengubah pandangan orang yang sudah memberi penilaian Indonesia tidak akan bisa maju atau lebih unggul dari negara-negara luar lainnya.

2.Merasa mampu membeli merek luar negeri

Terkadang ketika berkumpul bersama teman-teman, terutama para wanita, pembicaraan yang tidak pernah terlewat biasanya adalah mengenai gaya hidup. Lifestyle yang mereka bahas tidak jauh-jauh dari penampilan seseorang, karena apa yang dikenakannya menjadi tolok ukur bagaimana mampunya orang tersebut.

Barang impor memang lebih mahal daripada produk lokal karena bea cukainya sendiri saja tidak murah. Itulah yang mempengaruhi kebiasaan orang-orang untuk gengsi memakai produk dalam negeri. Selain dianggap mampu membeli barang-barang luar negeri yang mahal, tentu orang-orang akan menganggapnya keren karena sudah menggunakan produk bermerek terkenal yang harganya tentu tidak murah.

3.Ingin seperti selebriti favorit

Hal lainnya yang menjadi alasan orang-orang merasa gengsi menggunakan produk dalam negeri yaitu karena ingin memakai barang-barang yang digunakan selebriti favoritnya. Para selebriti yang bergelimpang harta tentunya sudah terbiasa dengan kehidupan mewahnya, seperti makan di restoran mewah sampai menggunakan pakaian yang mahal-mahal.

Gaya hidup tersebut tidak jarang diikuti oleh para fans-nya, sehingga merek-merek ternama pun pasti mereka gunakan. Hal tersebut yang membuat mereka gengsi memakai produk lokal.

Alasan-alasan tersebut yang menjadi pemikiran mendasar kenapa orang masih saja gengsi terhadap produk dalam negeri. Padahal, kita harus patut berbangga karena sudah semakin banyak orang-orang luar negeri, bahkan selebritinya memakai barang-barang buatan tangan orang Indonesia. Pastinya kualitasnya tidak perlu Anda ragukan lagi.

Kenapa Menggunakan Produk Lokal Masih Menjadi Kebiasaan yang Gengsi?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *