Apakah Anda sering keramas? Kalau iya, berapa kali seminggu Anda mencuci rambut? Sebenarnya mencucinya setiap hari juga tidak baik karena membuat rambut mudah berminyak atau kering. Tapi, Anda yang malas keramas tentu juga menjadi masalah, bahkan lebih berbahaya dibandingkan sering mencucinya.

Malas keramas akan membuat rambut Anda terlihat lebih lepek dan mungkin bisa saja menjadi bau. Meskipun terdengar sepele, terlalu malas mencuci rambut bisa mengakibatkan kondisi rambut menjadi tidak sehat. Berikut beberapa akibatnya.

1.Rambut lebih lepek

Beberapa orang ada yang memiliki rambut yang tebal, sehingga tidak membutuhkan keramas setiap hari. Tapi berbeda dengan orang yang mempunyai rambut lebih tipis, apalagi yang halus, tentu saja jenis rambut tersebut harus sering dicuci agar tidak menimbulkan kesan lepek pada rambutnya.

Ketika rambut tidak dicuci secara rutin, maka minyak-minyak akan mudah keluar dan rambut Anda yang tipis lebih terlihat lepek. Meskipun sudah rajin keramas tapi rambut masih saja lepek, sebaiknya pilih shampoo yang memiliki kandungan ampuh untuk memberikan kelembaban.

2.Debu dan kotoran mudah menempel

Terkadang kita merasa kalau tidak keramas secara rutin, keadaan rambut baik-baik saja. Padahal, rambut merupakan bagian tubuh yang paling mudah menyimpan kotoran dan debu, terutama Anda yang sering berpergian tanpa menggunakan penutup kepala.

Anda yang tidak menutup kepala saat keluar ruangan, rambut menjadi magnet-manget debu maupun kotoran yang berada di sekitar lingkungan, seperti asap kendaraan, asap rokok, ataupun debu jalan. Jika debu-debu tersebut sudah mengumpul di rambut, maka debu tersebut akan semakin mudah dilihat seperti bentuk ketombe.

3.Warna rambut mudah luntur

Tidak sedikit wanita maupun pria yang suka mengganti warna rambutnya agar terlihat lebih menarik. Tapi, apapun jenis warna yang Anda gunakan, akan sama saja luntur jika rambut tidak rutin dibersihkan. Hal tersebut dikarenakan setiap helai rambutnya kotor yang pada akhirnya dapat mempengaruhi ketahanan pewarna rambutnya.

Jika rambutnya berminyak, tentu saja pewarna rambut yang Anda gunakan tidak akan bertahan lama, meskipun Anda menggunakan merek ternama sekalipun. Berbeda jika Anda rajin keramas, maka pewarnanya akan tetap bertahan lama karena tidak tempelan debu, kotoran, maupun minyak.

4.Mudah ketombe

Ketombe adalah musuh utama rambut, terutama Anda yang jarang sekali mencucinya. Ketombe merupakan sel-sel kulit mati yang mengelupas dengan bentuknya yang kering akibat permukaan kulit tidak cukup kelembabannya. Baik itu rambut yang kering atau yang berminyak, munculnya ketombe masih tetap bisa terjadi.

Karena itulah, agar tidak mudah muncul atau mencegah terjadinya ketombe, ada baiknya Anda keramas secara rutin. Setidaknya 2 hari sekali Anda harus membersihkan rambut Anda. Kalau sudah terlanjut muncul ketombe, gunakan shampoo yang memiliki kandungan anti ketombe.

Sebenarnya tidak sulit mencuci rambut, hanya saja dari diri kita sendiri apakah rajin membersihkannya atau tidak. Kalau malas, tentu akan muncul berbagai masalah kesehatan rambut seperti yang sudah disebutkan di atas. Jangan sampai penampilan Anda terganggu hanya karena masalah rambut, ya.

Jadikan Keramas Gaya Hidup Sehat agar Terhindar dari Bahayanya Kesehatan Rambut

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *